DARI PESANTREN

Rabu, 01 September 2010

Masjid dan Makam Imam Husain

Ini adalah oleh-oleh dari jalan2….emmm jgn jalan2 deh, tepatnya menelusuri jejak keluarga Rasulullah di Cairo. Sudah jd jadwal tetap buat kelompok pengajian ibu2 Maadi untuk wisata religius sekali dalam sebulan. Setelah sebelumnya wisata ke Al Fayyum, sebuah kota bentukan Nabi Yusuf as.
Perjalanan dimulai jam 10 pagi, didampingi pak aep, ustadz yg biasa ceramah di pengajian, sayangnya saat acara ini, cuaca ga begitu bagus. Disamping emang lg puncaknya musim dingin, ditambah lg gerimis……dingin bgt.

Ziarah pertama ke makam dan masjid imam Husain, saat perjalanan ke arah sana kami melewati bukit muqqatam.
dsc_2000.jpg
Menurut pak aep, dlm hadits qudsi, Allah bercerita ttg bukit muqattam. Disebutkan bahwa bukit ini adalah bukit kedua yg Allah ciptakan dimuka bumi, dan Allah akan menjadikan bukit ini berada dalam surga kelak.
Tempat pertama yg kami kunjungi “masjid imam husain” di daerah husain, old cairo. Ini dia laporannya….
Masjid imam husain ini dinisbahkan kepada makam yang berada di dalamnya, yaitu Imam Husain bin Ali bin Abu thalib. Masjid ini terletak tepat bersebelahan dengan pasar rakyat, pasar cinderamata, Khan Al Khalily, masih dalam kawasan old cairo.
Makam imam Husain ini hanya menguburkan kepala dari imam husain saja, sementara jasad tubuhnya dikuburkan di padang karbala, Irak.
Kenapa bisa begitu ya….kenapa hanya kepala saja yg di bawa ke mesir, kenapa tidak sekaligus jasadnya di satukan dan dimakam kan di mesir…..
Yah karna pada waktu peristiwa di padang karbala, hampir seluruh keluarga dan pengikut imam husain di bunuh dan dipenggal. Sehingga pada saat, jenazah2 tsb akan dimakamkan, sudah tidak dikenali lagi yg mana jasad milik imam husain. Jadi badan imam husain dimakamkan di padang karbala bersama para pengikut beliau.
Kepala imam husain dibawa ke mesir oleh adik beliau Zainab.
Untuk cerita lebih lengkap mengenai peristiwa ini, ada site bagus yg crita peristiwa ini dg sangat detail. Silakan kunjungi ini
Mau liat masjid imam husain…..ini dia……
dsc_2252.jpg
Dalam masjid ini terdapat makam imam Husain, sebenarnya bukan didalam masjid tapi di samping masjid yg kemudian disatukan dalam satu area masjid. Dulu2nya, makam ini ada lebih dulu, kemudian dibangunlah disebelahnya sebuah masjid, harapannya orang yg berziarah ke makam bisa sholat di dalam mesjid.
Waktu sampe dilokasi, banyak bgt jama’ah muslim syiah dari india, sempat jg aku ambil foto mereka di area makam…
dsc_2237.jpg
Didalam masjid ini disimpan barang pribadi Rasulullah seperti jubah, sandal, pedang, sorban, dll. Hanya orang tertentu (syaikh atw orang yg dpt ijin khusus dr pemerintah) yg bisa melihat langsung barang2 yg asli, sementara untuk umum ada gambar dr barang2 ini yg di tempel didinding masjid….
dsc_2239.jpg
Catatan buat yg mau ziarah, berkunjung ke masjid imam husain, ada baiknya memenuhi adab berziarah diantaranya, dalam keadaan suci (mempunyai wudlu), penuh hormat, khusyu, berlaku sopan karena Rasulullah SAW mengatakan bahwa orang yg meninggal itu hakikatnya hidup, yg mati hanya jasadnya. Kemudian membaca doa ketika memasuki area makam.
Udah dulu yah…tunggu laporan berikutnya, masjid imam syafi’i, masjid hasanul anwar dan zaid al-ablaq, Masjid Sayyidah Aisyah, Masjid Sayyidah Nafisah, masjid sayyidah ruqqayah, masjid sayidah sukainah, masjid ali zainul abidin, masjid sayyidah zainab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar